by

685 Siswa Indonesia Siap Bersaing di OSN 2019

685 Siswa Indonesia Siap Bersaing di OSN 2019

Sebanyak 685 murid Indonesia berlomba pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 yang diselenggarakan di Manado, Sulawesi Utara pada 30 Juni – 6 Juli 2019. Para juara di ajang itu akan mewakili Indonesia di ajang Olimpiade Sains Internasional tahun 2020.

Ke-685 murid tersebut akan mengikuti 9 bidang sains. Dengan rincian, 77 peserta di bidang matematika, 79 peserta (fisika), 74 peserta (kimia), 75 peserta (komputer/informatika), 77 peserta (biologi), 72 peserta (astronomi), 77 peserta (ekonomi), 77 peserta (kebumian), dan 77 peserta (geografi).

Adapun pelaksanaan OSN dilangsungkan di sejumlah tempat. Di antaranya, untuk bidang matematika dan astronomi digelar di Manado Independent School, fisika di SMAN 9 Manado, kimia di SMAN 1 Manado, informatika di SMA Katolik Rex Mundi, biologi di SMA Kristen Eben Haezar, ekonomi di SMKN 2 Manado, kebumian di SMA St. Nikolaus Lokon Tomohon, dan geografi di SMKN 1 Manado.

Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Atas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Purwadi Susanto mengatakan, OSN menjadi ajang guna menilai murid terbaik Indonesia yang secara konsisten selalu mengantarkan perwakilan di ajang Olimpiade Sains Internasional. “Kami menyambut baik dan mempunyai harapan besar atas penyelenggaran OSN tahun ini guna menambah mutu edukasi dan menyusun generasi emas guna tahun 2045 nanti,” ujarnya, seperti dikutip dari psma.kemendikbud.go.id.

Purwadi berharap, semua siswa dapat mengikuti pekerjaan ini dengan sebaik-baiknya. Juga bisa belajar membina jejaring dan menjalin persahabatan dengan peserta lainnya. “Mereka juga harus dapat menunjukkan prestasi yang lebih membanggakan dari tahun-tahun sebelumnya,” ucapnya.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed