by

ASTRA START-UP CHALLENGE (ASC) IS BACK!

ASTRA START-UP CHALLENGE (ASC) IS BACK!
ASTRA START-UP CHALLENGE (ASC) IS BACK!

Astra Start-Up Challenge (ASC) merupakan salah satu rangkaian program pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang digagas oleh Astra. Tahun 2020 merupakan tahun ke 4 ASC membuka kesempatan bagi pemuda Indonesia untuk terus berinovasi untuk membangun bangsa.

Tujuan dari ASC adalah untuk membantu generasi muda usia 18-35 tahun meningkatkan motivasi dan inovasi dalam berwirausaha secara kreatif.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Program ini akan mendukung start-up untuk berkembang menjadi institusi bisnis yang siap tumbuh dan menghadapi persaingan.

Program ini terdiri dari beberapa kegiatan utama :
1. Document Submission
2. Entrepreneur Camp
3. Business Mentoring
4. Astra Startup Challenge Awarding
5. Lifetime Coaching

SYARAT DAN KETENTUAN

Siapa saja yang boleh mendaftar Astra Start-Up Challenge?

ASC ini terbuka untuk semua warga Indonesia yang berusia 18-35 tahun dan telah atau sedang merintis start-up bisnis (mahasiswa diperbolehkan mengikuti).
Syarat peserta antara lain:
a. Warga Negara Indonesia (dibuktikan dengan scan Kartu Tanda Penduduk).
b. Usia 18 s.d. 35 tahun.Bersedia mengikuti pembinaan apabila dinyatakan sebagai finalis.
c. Serta mengikuti rangkaian program ASC hingga selesai (dibuktikan dengan surat pernyataan bermaterai).
d. Proposal yang diajukan belum pernah mendapatkan penghargaan dalam kompetisi yang lain.
e. Peserta ASC merupakan startup yang telah menjalankan usaha maksimal 2 tahun atau rintisan startup yang sedang mencari pasar.
f. Kompetisi ini tidak berlaku untuk karyawan Grup Astra.
g. Mengisi pertanyaan bisnis model kanvas yang terlampir (Attachment dalam bentuk PDF).

1. Format proposal yang bisa dikirim untuk Astra Start-Up Challenge

1.Bentuk Proposal
a. Diketik spasi 1,5.
b. Ukuran huruf 11.
c. Jenis huruf Arial.

2.Sampul Proposal

a. Judul proposal : (Astra Startup Challenge)
b. Nama dan logo bisnis, nama peserta, serta alamat peserta ASC.
c. Jenis bisnis, jenis produk, dan lokasi tempat usaha.
d. Tahun pelaksanaan.

3.Sistematika Isi Proposal

a. Profil Singkat Pemohon
Memuat tentang: identitas pemohon, pendidikan, kursus-kursus, latar belakang keluarga, pengalaman usaha, foto, jaringan bisnis yang ada (jika ada), dan lain-lain.

b. Profil Usaha dan Deskripsi Produk
Profil usaha memuat tentang jenis usaha yang dijalankan, modal awal, tenaga kerja, teknik penjualan (melalui kios / gerobak/ mobil / online), atau lainnya.
Sedangkan deskripsi produk memuat produk barang/jasa yang diproduksi, kualitas produk, volume produksi, proses produksi, peralatan produksi, dan keunggulan produk.

c. Prospek/ Potensi Usaha
Memuat tentang gambaran tentang animo/minat masyarakat terhadap produk barang/jasa yang dipasarkan/dijual, ketersediaan bahan baku/ stok, gambaran tentang pengusaha sejenis yang ada di sekitar, serta prospek usaha dimasa yang akan datang.

d. Rencana Singkat Pengembangan Usaha (dalam waktu 1 tahun kedepan).
1. Rencana pengembangan tempat usaha,
2. Rencana program peningkatan kualitas produk,
3. Rencana penambahan volume barang/jasa produksi,
4. Rencana perluasan pasar,
5. Rencana promosi (pemasaran) produk barang/jasa,
6. Rencana pengembangan tenaga kerja dan pelatihan.

e. Memuat perhitungan biaya yang dibutuhkan untuk pengembangan usaha misalnya; kebutuhan pembelian bahan baku utama dan bahan baku pembantu, biaya produksi, pemasaran/promosi produk, mengikuti pelatihan/kursus pengembangan kewirausahaan, dll.

4.Lampiran-lampiran proposal

Lampiran-lampiran proposal yang harus dilampirkan adalah sebagai berikut:
a. Foto-foto tempat usaha dan produk (desain/ mock up/ produk jadi) – 2 foto
b. Struktur organisasi usaha.

Notes: Maksimal file proposal yang di upload 10MB

2. KRITERIA PENILAIAN ASC

Proposal akan dinilai berdasarkan model bisnis kanvas yang terdiri dari :

  • Problem
  • Customer Segments
  • Solution
  • Value Propositions
  • Channels
  • Revenue Streams
  • Key Resources
  • Key Activities
  • Key Partners & Stakeholder
  • Key Metrics
  • Cost Structure
  • Competitive Advantage

Notes: Berkas peserta yang akan dibuat dapat mempertimbangkan aspek-aspek penilaian tersebut.

Batas akhir pendaftaran : 6 Februari 2020

Yuk segera daftarkan dirimu!

Info Selengkapnya
http://www.satu-indonesia.com/AstraUntukIndonesiaKreatif/about

Contact Person:
Chika: 081210157146
Fitri: 085883203284
Yogi: 082216608615

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed