by

Berita Terkini Sekolah kampus Akan Menyibak Penyebab Padamnya PLN Selama Beberapa Jam di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat

 

Berita terkini Sekolah kampus -Pada hari minggu tanggal 4 Agustus 2019, para warga di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat dihebohkan dengan kejadian matinya PLN secara serentak di wilayah yang cukup luas. Kejadian ini juga sering disebut sebagai blackout alias mati lampu. Kejadian ini memang langka terjadi karena faktanya kejadian ini terakhir terjadi sekitar 17 tahun yang lalu atau pada tahun 2002. Kejadian ini juga sempat membuat Presiden RI marah.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Sebenarnya apa yang menyebabkan listrik tersebut mati secara meluas seperti itu? Berbagai penjelasan telah disampaikan oleh pihak PLN dengan uraian secara teknis. Tetapi terkadang hal tersebut belum menjelaskan penyebab sesungguhnya dari kejadian tersebut. Biasanya memang diperlukan investigasi lebih lanjut untuk mencari tahu penyebab detail dari kejadian tersebut.

Tetapi untuk menjawab keinginatahuan orang banyak, mungkin bisa dijelaskan secara umum penyebabnya. Salah satu hal yang bisa disampaikan Berita terkini sekolah kampus sebagai penyebab kejadian tersebut adalah ketidakseimbangan antara beban dan masukan. Seperti yang diberitakan di beberapa media bahwa pemadaman yang luas kali ini melibatkan lepasnya beberapa pembangkit besar di sistem ketenagalistrikan Jawa-Bali yang mengalami gangguan atau mati. “Gas Turbin 1 sampai dengan 6 Suralaya mengalami trip, sementara Gas Turbin 7 saat ini dalam posisi mati (Off). Itu yang terjadi dari sisi pembangkit. Dari sisi transmisi, disebutkan pula bahwa Jawa Barat terjadi gangguan pada Transmisi SUTET (Saluran Udara Tegangan Ekstra Tinggi).

Berita Terkini Sekolah kampus Akan Menyibak penyebab padamnya PLN selama beberapa jam di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat
Berita Terkini Sekolah kampus Akan Menyibak penyebab padamnya PLN selama beberapa jam di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Listrik yang digunakan saat ini merupakan listrik AC atau listrik bolak-balik. Dengan demikian, listrik AC akan selalu memiliki frekuensi tertentu untuk menjaga ritme bolak-baliknya. Teknologi listrik AC seharusnya selalu dijaga frekuensinya selalu konsisten misalnya kalau di Indonesia pada 50 Hz. Toleransi penyimpangan yang dibatasi sangat kecil. Frekuensi sistem listrik perlu dijaga konstan karena banyak peralatan listrik dirancang untuk bekerja pada frekuensi sistem ini dan akan rusak apabila terjadi penyimpangan yang terlalu besar. Beberapa perangkat listrik termasuk pembangkit juga dilengkapi proteksi ketika frekuensi terjadi penyimpangan yang jauh.

Besaran frekuensi ini tidak datang sendirinya selalu konstan. Besaran frekuensi ini terjadi karena adanya beban listrik dan pasokan listrik yang diharuskan seimbang. Keseimbangan antara beban listrik yang dikonsumsi dengan suplai listrik yang dibangkitkan diwajibkan harus selalu seimbang. Indikatornya adalah nilai frekuensi yang stabil di nilai tertentu (Misal 50 Hz).

Menurut informasi dari press conference PLN, kejadian diawali dengan kegiatan rutin di hari minggu. Pada hari minggu biasanya beban rendah. Ketika beban rendah ini biasanya PLN melakukan perbaikan/pemeliharaan jaringan. Yang dipelihara adalah yang sirkuti yang berada di jalur selatan di Kediri, Kasugihan. Tersisa satu sirkuit yang masih hidup yaitu di Utara. Pada waktu pindah dari Ungaran ke Kasugihan dan Tasik, dikatakan Sripeni yang menjadi penyebab terjadinya separuh Jawa mengalami pemadaman listrik. Kemungkinan besar terjadi ketidakseimbangan antara beban dan konsumsi listrik yang menyebabkan frekuensi turun.

Karena ketidakseimbangan ini maka pembangkit yang ada di hulu melepaskan diri dari sistem karena sudah dilengkapi dengan sistem proteksi. Sehingga pasokoan listrik dari timur ke barat mengalami blackout atau mati. Frekuensinya drop sampai 46 Hz dari yang seharusnya 50 Hz. Kondisi diperparah bahwa untuk menyalakan pembangkit tidak bisa hanya dalam 10-15 menit. Tetapi membutuhkan waktu kurang lebih 4 jam bahkan ada yang 8 jam. Hal ini lah yang menyebabkan pemadaman blackout berlangsung cukup lama.

Berita Terkini Sekolah kampus Akan Menyibak penyebab padamnya PLN selama beberapa jam di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat
Berita Terkini Sekolah kampus Akan Menyibak penyebab padamnya PLN selama beberapa jam di wilayah Jakarta, Banten dan Jawa Barat

Adapun yang membuat ketidakseimbangan tersebut masih dalam investigas, apakah memang terjadi kesalahan prosedur dalam memindahkan atau memang terjadi gangguan di transmisi. Sebagai informasi juga memang telah terjadi juga gangguan di transmisi SUTET di utara. Hanya saja apakah ini yang menyebabkan pembangkit menjadi mati, mungkin kita tunggu saja hasil investasi yang lebih lengkapnya.

Pada artikel selanjutnya berita terkini sekolah kampus akan menjelaskan mengapa sistem listrik AC itu harus bekerja dalam keseimbangan.

Semoga artikel Berita terkini sekolah kampus ini bisa memberikan gambaran secara singkat bagi kita terutama orang awam yang bingung mengapa kemarin kita mengalami blackout yang cukup lama dan tak kunjung hidup.

 

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed