by

Cara Menjaga Anak Terhindar Dari Virus Corona

Sekolahkampus.id, Cara Jaga Kesehatan Anak – Sampai hari ini, virus corona atau Covid-19 telah menyebar di 84 negara. Bahkan di Indonesia pun sudah terdapat dua penduduk yang tertular dan sekarang masih dirawat intensif di RS Jakarta.

Namun, pemerintah tetap mengimbau pada seluruh masyarakat guna tidak panik terlebih dahulu pada virus corona. Sebab, tidak sedikit pasien di China yang telah sembuh dari virus tersebut. Sebagai upaya mengantisipasi penyebaran virus corona, pemerintah Indonesia, melewati Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mengeluarkan Pedoman Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Novel Coronavirus (2019-nCoV).

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Melansir dari laman Sahabat Keluarga Kemendikbud, sebagai berikut yang mesti diketahui semua orangtua untuk menjaga kesehatan keluarganya khususnya yang mempunyai anak sekolah. Tentu supaya terhindar dari virus corona.

Sebab, virus corona diketahui menular melewati tetesan air liur atau ludah pada ketika orang batuk atau bersin. Virus dari liur tersebut kemudian terisap oleh orang sekitarnya. Jika telah terinfeksi virus corona, maka fenomena seseorang tertular seringkali muncul dalam 2 hari sampai 14 hari sesudah terpapar.

Gejala Untuk gejala umumnya antara lain:

  • Demam
  • Batuk
  • Pilek
  • Sesak napas

Jika terjadi pada orang yang memiliki kekebalan tubuh lemah dapat menyebabkan:

  • Pneumonia atau infeksi paru-paru
  • Sindrom pernapasan akut
  • Gagal ginjal Hingga menyebabkan kematian

Upaya antisipasi

Secara umum, rekomendasi standar untuk mencegah penyebaran infeksi adalah:

  • Mencuci tangan secara teratur
  • Menerapkan etika batuk dan bersin
  • Memasak daging dan telur sampai matang
  • Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menunjukkan gejala penyakit pernapasan seperti batuk dan bersin

Bagi para orangtua terutama yang memiliki anak sekolah, maka harus menerapkan hal-hal ini di dalam keluarga:

  1. Melakukan kebersihan tangan rutin, terutama sebelum memegang mulut, hidung dan mata serta setelah memegang instalasi publik.
  2. Mencuci tangan dengan air dan sabun cair serta bilas setidaknya 20 detik. Cuci dengan air dan keringkan dengan handuk atau kertas sekali pakai. Jika tidak ada fasilitas cuci tangan, dapat menggunakan alkohol 70-80 persen.
  3. Menutup mulut dan hidung ketika bersin atau batuk menggunakan tisu, atau sisi dalam lengan atas. Tisu yang digunakan dibuang ke tempat sampah dan cuci tangan setelahnya.
  4. Ketika memiliki gejala saluran napas, gunakan masker dan berobat ke fasilitas layanan kesehatan.

Jika merasa kesehatan tidak nyaman ketika di perjalanan, terutama demam atau batuk, gunakan masker dan cari layanan kesehatan. Setelah kembali dari perjalanan, konsultasi ke dokter jika terdapat gejala demam atau gejala lain dan beritahu dokter riwayat perjalanan serta gunakan masker untuk mencegah penularan.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed