by

Divisi P2JK UPI Selenggarakan Diklat PEKERTI Bagi Dosen Universitas Siliwangi

Divisi P2JK (Pendidikan Pekerjaan dan Jasa Keprofesian) Direktorat Akademik UPI menyelenggarakan Diklat Pelatihan Pengetahuan Dasar Teknik Intrsuksional (PEKERTI) bagi Dosen Universitas Siliwangi Tasikmalaya, Senin – Jumat, 10 – 14 Februari 2020 di Hotel Salis, Bandung. Diklat tersebut dibuka langsung oleh Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof. Dr. H. R. Asep Kadarohman, M.Si.

Dalam sambutannya, dia menyampaikan bahwa diklat PEKERTI yang diselenggarakan oleh UPI diarahkan dalam pengembangan profesionalisme dosen dan sejalan dengan amanat UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Bahwa beban kerja dosen mencakup aktivitas pokok, yaitu perencanaan, pelaksanaan proses, penilaian hasil pembelajaran, pembimbingan dan pelatihan, juga melakukan riset. Oleh karenanya, P2JK sebagai pelaksana diharapkan dapat menjaga kualitas pelaksanaan diklat PEKERTI ini.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

“Dosen secara langsung mempengaruhi peningkatan mutu belajar mahasiswa. Dan lulusan perguruan tinggi sangat berdekatan dengan lapangan kerja. Oleh karenanya dibutuhkan dosen yang sanggup untuk menyiapkannya”, kata Rektor UPI.

Pada kesempatan tersebut, hadir pula Pembantu Rektor Bidang Umum dan Keuangan Universitas Siliwangi, Nundang Busaeri, Ir., M.T.,  dia menyampaikan bahwa kesempatan bekerjasama dalam pelatihan PEKERTI dengan UPI adalah kesempatan yang baik dalam pengembangan dosen muda Unsil.  Kita tahu dengan mutu dosen UPI yang mempunyai kepakaran dalam bidang pengajaran. Untuk menghadapi revolusi industri 4.0, peran dosen dalam mewujudkan sumber daya  manusia  sangat  diperlukan.

Dalam pelaksanaannya seperti diungkapkan oleh Kepala Divisi P2JK Dr. Asep Suryana, M.Pd., untuk pelaksanaan diklat PEKERTI ini dipersiapkan secara matang dengan melibatkan dosen-dosen UPI yang bermutu dan mempunyai kepakaran di bidangnnya.  Untuk materi yang diberikan meliputi: Konsep Pengembangan Kurikulum Di PT, Analisis kompetensi, teori belajar dan motivasi belajar, desain pembelajaran dan penyusunan RPS, praktek penyusunan RPS, komunikasi Pendidikan dan keterampilan dasar mengajar, pendekatan dalam pembelajaran, media pembelajaran, evaluasi pembelajaran.

Aktivitas dimulai dengan melakukan untuk mengukur kemampuan awal para dosen, selanjutnya diberikan materi dengan penekanan pada pendekatan dan metode yang pariatif oleh dosen pemateri dan diakhiri dengan untuk melihat kemajuan hasil belajar. Dan kepada peserta yang memenuhi persyaratan kelulusan diberikan sertifikat PEKERTI.

Diklat PEKERTI ini diikuti oleh dosen Unsil sebanyak 70 orang, dan untuk menjamin mutu maka setiap rombongan belajar di isi oleh 35 orang.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed