by

Dosen ITB Kembangkan Alat Ventilator untuk Pasien Coronavirus

Sekolahkampus.id, Dosen ITB Kembangkan Alat Ventilator untuk Pasien Coronavirus – Dosen STEI ITB, Dr. Syarif Hidayat dan tim telah berhasil mengembangkan prototype ventilator untuk pasien Coronavirus. Salah satu gejala virus COVID-19 ini adalah kesulitan bernafas yang merupakan tanda dari pneumonia. Dalam kondisi darurat ini, ventilator telah mengalami peningkatan harga di pasaran karena sangat dibutuhkan oleh pasien dan rumah sakit yang saat ini stoknya menipis.

Dilansir dari laman facebook Masjid Salman ITB, alat ventilator buatan Dr. Syarif ini bisa mengeluarkan nafas sebanyak 12-18 kali per menit, tanpa harus terhubung dengan tabung oksigen. Alat ini memang masih butuh penyempurnaan dan masukkan dari tim medis atau dokter. Sehingga ketika nanti kebutuhan jumlah ventilator tidak terpenuhi, maka alat-alat dari para peneliti ini dapat digunakan.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Selain itu, ada peneliti lain dari sekolah robot yohanes yang juga membuat alat serupa. Meski belum dipublikasikan, tetapi inisiasi pembuatan ventilator ini patut kita apresiasi.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh kedua peneliti tersebut dalam membuat ventilator ini, bisa segera layak uji dan dapat membantu Indonesia melawan wabah COVID-19.

Mari, kita dukung para peneliti Indonesia untuk mengatasi wabah virus corona.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed