by

Dosen Prodi SI Unikom Berpartisipasi Aktif Menjadi Pembicara dalam berbagai Webinar

Sekolahkampus.id, Dosen Prodi SI Unikom Berpartisipasi Aktif Menjadi Pembicara dalam berbagai Webinar – Berpartisipasi aktif dalam mengimplementasikan bidang keilmuan guna berguna bagi masyarakat, menjadi upaya yang dilakukan oleh Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.,. sebagai Dosen Program Studi Sistem Informasi Unikom yang berperan secara langsung menjadi pembicara dalam beragam webinar. Pada hari Kamis, 23 Juli 2020, Srikandi Asosiasi Perguruan Tinggi Ilmu Komputer (APTIKOM) menggelar webinar bertema “”. Melalui gelaran tersebut, moderator yang memandu berjalannya acara tersebut ialah Dr. Eva handriyantini, M.MT., dan Ir. Devy Hertinasyana,. M.M., juga menghadirkan beberapa koresponden diantaranya Prof. Ir. Zainal Arifin Hasibuan, Ph.D., (Ketua APTIKOM), Prof. Dr. Retna Apsari, M.Si., Prof. Sri Hartati, Ph.D., Prof. Dr. E. S. Margianti, M.M., Dr. Dwiza Risna., M.M., M.Kom., dan Dr. Cecilia Esti Nugraheni, M.T.

Dilansir dari laman UNIKOM,

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Melalui kesempatan tersebut, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, S.E., M.M.,. sebagai koresponden sekaligus Ketua Srikandi APTIKOM menyampaikan bahwa srikandi APTIKOM adalah anggota perempuan di APTIKOM yang terfokus dalam bidang ICT. Dalam pemaparan materi yang dikatakan, Nina menjelaskan materi tentang Perempuan & UMKM. Menurut Pendapatnya, teknologi bisa menjadi dua yaitu positif dan negatif, dimana masyarakat harus mengambil nilai positif dari teknologi. “Menilik tema yang dikatakan tentang perempuan dan UMKM, dimana perempuan mempunyai kendali besar untuk kemajuan bangsa yaitu melalui proses mendidik seorang anak yang akan menjadi masa depan bangsa. Maka, beragam tantangan zaman harus dilalui perempuan dengan menggunakan keahlian dan teknologi yang ada.” katanya.

Kemudian, pada hari Senin, 27 Juli 2020, Nina berpartisipasi aktif menjadi pembicara dalam webinar yang digagas oleh (IWU). Mempunyai tema besar aktivitas yaitu “Menjadi Wanita Maju di Era 5.0”, kesempatan tersebut menghadirkan koresponden lainnya yang pakar dalam bidangnya masing-masing diantaranya Prof. Dr. Hj. Umi Narimawati, Dra., S.E., M.Si., sebagai Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Unikom sekaligus Pembina Jabar Bergerak, Dr. Hj. Dewi Indriani Jusuf, S.E., M.Si., CDMP., sebagai Rektor IWU, Dr. Nina Kurnia Hikmawati, M.M., dan Ir. Diah Ivonyarti, M.M., sebagai Ketua IPEMI Jabar.

Memasuki agenda inti dalam webinar tersebut, Nina menjelaskan materi bertema “Mandiri secara Ekonomi”. Menurut Nina, mandiri secara ekonomi harus menjadi dasar seorang perempuan, dimana dalam kesempatan tersebut Nina menjelaskan pokok materi diantaranya: 1) Latar belakang mandiri secara ekonomi; 2) Pemahaman diri sendiri & keluarga; 3) Tips menjadi sukses; 4) Macam kelompok perempuan menurut ekonomi; dan 5) Hal yang mesti dilakukan guna menjadi perempuan yang mandiri secara ekonomi.


Lebih lanjut Nina menyatakan “Era 5.0 adalah zaman dimana kemajuan teknologi akan mengalami peningkatan lebih tinggi dibanding sebelumnya. Maka, di era 5.0, perempuan harus bisa mandiri secara ekonomi supaya bisa menyerahkan pengaruh kuat dalam pengambilan keputusan baik dalam lingkup keluarga maupun dalam lingkup masyarakat yang lebih luas.” ungkapnya.  (Direktorat Hms & Pro)

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh UNIKOM dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed