by

Edukasi Pencegahan COVID-19 di Tiga Panti Werdha Jakarta

Sekolahkampus.id, Edukasi Pencegahan COVID-19 di Tiga Panti Werdha Jakarta – Di tengah mewabahnya penyakit COVID-19, tim Pengabdian Masyarakat (pengmas) dari Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia (FIK UI) melaksanakan program pengmas “Edukasi Pencegahan COVID-19” yang ditujukan bagi para petugas di tiga panti werdha di Jakarta Timur.

Dilansir dari laman UI, program tersebut akan berlangsung secara online pada tanggal 21 – 22 April 2020 di Panti Sosial Tresna Werdha (PSTW) Budi Mulia 1 di Cipayung dan Ciracas, Jakarta Timur, juga Sasana Tresna Werdha RIA Pembangunan Cibubur.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Lanjut usia (lansia) adalah kelompok usia yang mempunyai risiko paling tinggi untuk terinfeksi penyakit COVID-19, karena keberadaan penurunan daya tahan tubuh dan penyakit penyerta yang dimiliki. Angka kematian lansia akibat infeksi COVID-19 sangat tinggi karena banyak lansia yang mengalami gejala berat supaya membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Berita dari sebuah di Pennsylvania Amerika Serikat, mengatakan bahwa seratus persen lansianya terinfeksi COVID-19 dan banyak petugas menginginkan berhenti bekerja karena kurangnya support dari pengelola dan tidak tersedianya alat pelindung diri (APD).

Berangkat dari permasalahan tersebut, Ketua Pelaksana Pengmas yang juga dosen FIK UI Dwi Nurviyandari, S.Kep. MN. menguraikan sejumlah strategi yang bisa diterapkan di panti sebagai upaya pencegahan diantaranya, mencegah visitasi dari luar pada masa pandemik, gencar melakukan identifikasi gejala infeksi lebih awal, melaksanakan protokol pencegahan penyebaran infeksi COVID-19, mengkaji kecukupan suplai APD, dan terakhir mengelola dengan baik lansia dengan penyakit berat.

Dwi menambahkan, “Diharapkan program edukasi ini bisa menyerahkan support moral bagi petugas dan juga mencegah agar tidak terjadi masalah infeksi COVID-19 di ketiga panti tersebut.”

Selain edukasi secara online, Tim Pengmas FIK UI juga menyerahkan support penyediaan Alat Pelindung Diri (APD) dan Cairan Disinfektan bagi para lansia di PSTW. Untuk melancarkan edukasi, pengabdi membuat media informasi umum berupa poster dan spanduk yang akan ditempelkan pada tempat yang mudah diketahui lansia dan pengunjung, seperti gerakan cuci tangan dengan sabun dan air mengalir, menjaga jarak, memanfaatkan masker dan tidak berjabat tangan.

Direktur Pengabdian Masyarakat UI Agung Waluyo, MSc, Ph.D menjelaskan, “UI menyerahkan sokongan penuh upaya pencegahan COVID-19 yang dilakukan oleh seluruh sivitas akademika, tentunya dengan tetap memperhatikan rambu-rambu selama masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang saat ini diterapkan di DKI Jakarta dan Kota Depok. Ini adalah salah satu komitmen UI untuk menjadi guru bangsa.”

Support senada juga dikatakan oleh Wakil Rektor bidang Penelitian dan Inovasi UI Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris yang sangat menyerahkan perhatian khusus pada aktivitas pencegahan COVID-19 pada kelompok berisiko yaitu lansia. Dukungan tersebut diwujudkan berupa pemberian hibah pada sivitas akademika UI yang melakukan penelitian dan pengmas pada permasalahan pandemi COVID-19.

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh UI bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed