by

Joglo Entrepreneur, Sekolah Wirausaha yang didirikan dalam bentuk Joglo Terbesar di Indonesia

Joglo Entrepreneur, adalah nama sebuah tempat di Jawa Tengah yang merupakan tempat pendidikan dan pelatihan kewirausahaan generasi muda. Tempat ini disebut juga sebagai Joglo Kesatrian Klaten yang katanya memberikan pendidikan gratis untuk generasi muda. Pendidikan vokasi ini dikelola Yayasan Kesatriaan Entrepreneur Indonesia. Lokasinya berada di Desa Ngerangan, Kecamatan Bayat, Klaten, Jawa Tengah.

Yayasan ini dimiliki oleh PT Widodo Makmur Group yang bernama Yayasan Kesatrian Entrepreneur Indonesia. Yayasan ni ternyata didirikan oleh putra putri pasangan almarhum Tukimin Tri Widodo dan Hj Sumiyem, mantan Bupati Klaten H Sunarna, dan Suparno. Yayasan Kesatriaan Entrepreneur Indonesia berupaya untuk membangun joglo untuk kemaslahatan masyarakat dengan harapan bisa menelurkan entrepreneur muda yang andal.

Bangunan joglo ini dibuat dari jati dan diklaim sebagai yang terbesar se-indonesia, atau mungkin bahkan menjadi yqng terbesar di dunia. Diklaim sebagai terbesar, bangunan joglo ini memiliki dimensi 30√ó30 meter. Selain tu bangunan ini berdiri di atas kompleks lahan yang sangat luas yaitu seluas 2,2 hektare. Joglo Kesatriaan Klaten didesain oleh JOSO ARCHITECT.

Joglo Entrepreneur, Sekolah Wirausaha yang didirikan dalam bentuk Joglo Terbesar di Indonesia
Joglo Entrepreneur, Sekolah Wirausaha yang didirikan dalam bentuk Joglo Terbesar di Indonesia

Joglo ini dibangun dengan arsitektur Kudus dimana pembangunan dimulai dari tahun 2017. Kayu yang digunakan merupakan kayu jati berkualitas tinggi yang sudah langka yang diambil langsung dari Blora dan Pati.

Pembangunan joglo ini melibatkan 36 ahli ukir dari Jepara dan Randublatung, Blora. Tema ukirannya ijo royo-royo yang dalan filsafah jawa melambangkan kemakmuran yang bersinergi dengan alam.

Bangunan ini sendiri dilengkapi fasilitas pendukung seperti kelas pelatihan berkapasitas 100 orang, mes, perpustakaan, ruang pamer produk, ruang workshop dan pendidikan, muhsala. Selain sebagai sekolah wirausaha tempat ini juga digunakan sebagai pesantren yaitu Pondok Pesantren Hafidz Alquran.

Joglo Entrepreneur Selain menjadi pusat sekolah dan pesantren, bangunan ini menjadi obyek wisata yang menarik bagi para pengunjung

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed