Kriteria Penilaian OSN 2019 Bidang Komputer
- Sport & Art

Kriteria Penilaian OSN 2019 Bidang Komputer

Kriteria Penilaian OSN 2019 Bidang Komputer

Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 jenjang sekolah menengah atas (SMA) telah dilangsungkan di Manado, Sulawesi Utara semenjak 30 Juni sampai 6 Juli 2019. Salah satu latihan yang dilombakan ialah komputer/informatika. Kemampuan problem solving (menyelesaikan masalah) menjadi kriteria evaluasi utama di bidang tersebut.

Salah satu juri OSN di bidang komputer/informatika, Inggriani mengatakan, hal utama penilaian, yakni peserta wajib menuntaskan permasalahan dengan teknik yang efektif dan efisien. “Mereka bakal diberi soal tentang kondisi yang membutuhkan pemecahan masalah secara efektif dan singkat. Peserta pun akan menyebutkan solusinya dalam format algoritma program komputer,” ungkapnya, saat didatangi usai pendahuluan OSN 2019 di Manado, Senin (1/7/2019) seperti dikutip dari kemendikbud.go.id.

Nantinya, algoritma yang telah diciptakan peserta bakal menjadi bagian dari software yang telah diciptakan oleh semua juri. “Jadi, juri tidak akan memeriksa jawaban peserta secara manual, tetapi lumayan dengan sistem informasi yang sudah disiapkan oleh dewan juri,” tuturnya.

Inggriani mengatakan, dewan juri di bidang itu berasal dari sekian banyak perguruan tinggi. Yakni, Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Indonesia (UI), dan Universitas Gadjah Mada (UGM).

‚ÄúPersiapan juri sendiri sudah dilangsungkan selama enam bulan terakhir, berkolaborasi dengan lulusan Tim Olimpiade Komputer Indonesia (TOKI) dalam mempersiapkan soal yang masing-masing tahunnya dikemas unik dan berbeda,” tambahnya.

Ia juga berpesan guna peserta lomba OSN 2019 supaya mampu menerbitkan potensi yang dipunyai semaksimal mungkin. “Lomba itu tidak saja mengalahkan orang lain, tetapi pun mengalahkan diri sendiri,” pungkasnya

BACA JUGA  685 Siswa Indonesia Siap Bersaing di OSN 2019

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *