by

Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Unikom Raih Juara 3 Kotasi 2020

Mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Unikom berhasil meraih Juara 3 dalam Kompetisi Nasional Tugas Akhir Mahasiswa Sistem Informasi (KOTASI 2020) pada hari Minggu – Senin, 29-30 Januari 2020 di Hotel Garden Palace Surabaya. Gelar juara tersebut berhasil dicapai oleh Ivan Riady melalui karyanya yang dengan judul “Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat di Kantor Desa Tanimulya Kabupaten Bandung Barat”, dimana Ivan meraih penghargaan berupa piala, uang tunai, sertifikat, dan membership Association for Information Systems – Indonesia chapter  (AISINDO) seumur hidup.

Seperti yang dilansir dari laman UNIKOM, Ivan menyampaikan “Pelayanan di kantor desa tersebut masih bersifat konvensional supaya belum ada pelayanan yang maksimal dan cepat kepada masyarakat. Selain itu, masyarakat sekitar pun kesulitan dalam kaitan pelaporan ataupun pengaduan kepada aparatur desa karena tidak keberadaan media yang mewadahi aspirasi tersebut. Melalui riset yang dilakukan maka solusi yang diberikan berupa media berkomputerisasi sebagai sarana aspirasi masyarakat juga aparatur desa tersebut.” katanya.

Mengenai KOTASI 2020, adalah lomba yang diselenggarakan oleh Association for Information Systems – Indonesia chapter (AISINDO) dengan tema “Sistem Informasi: Teknologi Informasi, Organisasi, & Manusia”. Kesempatan tersebut diikuti oleh sebanyak 30 perguruan tinggi di seluruh Indonesia yang memiliki program studi sistem informasi

Irfan Dwiguna Sumitra, M.Kom., Ph.D., sebagai Sekretaris Program Studi Sistem Informasi Unikom menyampaikan “Melalui lomba tersebut dapat disimpulkan bahwa tugas akhir yang dihasilkan mahasiswa ternyata sangatlah bermutu, artinya dengan persiapan yang terhitung singkat dapat mengantarkan mahasiswa menjadi juara 3, terlebih jika dilakukan persiapan yang matang sebelumnya. Supaya, saya menginginkan hal ini menjadi langkah awal bagi mahasiswa untuk semakin termotivasi bahwa produk yang dihasilkan dapat menjadi bagi masyarakat supaya dapat dipergunakan sesuai dengan tujuan.” ujarnya.

Sementara itu, Leonardi Paris Hasugian, S.Kom., M.Kom., M.Eng., sebagai dosen pembimbing Ivan menyampaikan bahwa dalam kompetisi tersebut ada hal inti yang menjadi peniliaian juri diantaranya deliveri persentasi, metode riset, inovasi dan pemahaman materi. “Menilik poin pemeringkatan juri tersebut akan menjadi acuan kami sebagai dosen untuk menunjang dan membimbing mahasiswa yang mempunyai kemauan supaya dapat semakin berkembang juga mengimplementasikan keilmuannya secara maksimal. Selain itu, Unikom melalui Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer, Ketua Program Studi Sistem Informasi juga seluruh sivitas di lingkup Prodi Sistem Informasi sangat menambah motivasi dan semangat kami untuk terus melakukan pengembangan dan mendidik mahasiswa akan kompetisi-kompetisi lain ke depannya.” ucapnya.

Semoga apa yang telah dilakukan oleh UNIKOM dapat menjadi inspirasi bagi kita semua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed