by

Mahasiswa Unpad Berhasil Kembangkan Metode Efektif Deteksi Kanker Payudara

Mahasiswa Unpad Berhasil Kembangkan Metode Efektif Deteksi Kanker Payudara

Tingginya angka kematian di dunia dampak kanker payudara, menginspirasi ketiga mahasiwa Universitas Padjadjaran (Unpad) guna mengembangkan cara yang lebih efektif dalam pendeteksian dini kanker payudara. Ketiga mahasiwa tersebut ialah Luthfi Utami Setyawati, Risda Rahmi Islamiaty, dan Kevin Reinard Lie.

Ketiga mahasiswa Fakultas Farmasi Unpad yang dituntun oleh Prof. Muchtaridi, Ph.D., Apt, ini, sukses mengembangkan cara deteksi dini kanker payudara baru dalam Program Kreativitas Mahasiswa Penelitian Eksakta (PKM-PE) yang didanai Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi tahun perkiraan 2019. Metode deteksi dini ini menggunakan gabungan obat dengan bahan radioaktif yang dinamakan radiofarmaka.

“Adapun senyawa yang dipakai dalam cara ini ialah senyawa 99mTc – α-mangostin & 131I – α-mangostin. Senyawa-senyawa tersebut diandalkan dapat mendeteksi dan mengobati kanker payudara,” ungkap Luthfi, seperti dikutip web sah Unpad.ac.id.

Ia mengatakan, dalam penciptaan senyawa radiofarmaka, perlu diacuhkan keberhasilan dari penciptaan dari radiofarmaka itu. Maka, butuh metode untuk meneliti keberhasilan penciptaan radiofarmaka tersebut.

“Metode yang kami kembangkan ini adalah metode baru yang green material (bahan baku dari tanaman), lebih cepat, murah, dan efektif guna menilai keberhasilan penciptaan radiofarmaka,” ujarnya.

Kelompok ini, lanjutnya, telah sukses memvalidasi cara analisis radiofarmaka itu dan telah diperoleh hasil yang memuaskan pula. “Dimana senyawa yang mereka pakai sudah siap guna uji keamanan,” katanya.

Penelitian ini dilaksanakan bekerja sama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (Batan) Bandung, ditolong oleh Wiwit Nurhidayah, S.Si., Maula Eka Sriyani, M.Si., Rizky Juwita, M.Pharm., Apt., dan Eva Maria W., M.Si

sumber: unpad

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed