by

Mahasiswa Unpad Meraih Juara Duta Baca Jawa Barat 2020

Sekolahkampus.id Mahasiswa Unpad Meraih Juara Duta Baca Jawa Barat 2020 – Dua mahasiswa Unpad meraih juara dalam kancah Duta Baca Jawa Barat 2020 yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Barat di Hotel Lingga, Bandung, 10 – 12 Maret lalu.

Dilansir dari laman UNPAD, di kancah tersebut, mahasiswa Ilmu Keperawatan Unpad Rohman Hikmat sebagai wakil dari Kabupaten Sukabumi meraih juara pertama, adapun mahasiswa Agroteknologi Unpad Fajar Akbar Gumelar sebagai wakil dari Kabupaten Bandung berhasil meraih juara ketiga.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Kancah pemilihan Duta Baca Jabar tahun ini mengangkat tema “Perpustakaan Mendukung Program Transformasi Berbasis Inklusi Sosial”. Di kancah itu, Rohman membuat presentasi program literasi masyarakat yang terintegrasi perpustakaan untuk melakukan pengembangan ruang kerja bersama (co-working space) sebagai tempat pelatihan kewirausahaan.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Adapun Fajar menawarkan program “Arisan Bedah Buku untuk Siswa Sekolah”. Program yang terintegrasi dengan Gerakan Literasi Sekolah ini mempunyai tujuan untuk membudayakan literasi sejak dini.

Kancah Duta Baca ini disertai oleh 229 Peserta yang berasal dari beragam daerah di Jawa Barat. Peserta tersebut selanjutnya disaring menjadi 54 finalis. Selama tiga hari karantina, para peserta mengikuti seleksi yang terdiri dari seleksi administrasi, membuat vlog, tes tulis 1 dan 2, dan presentasi karya tulis. Sesi ini menyaring 54 finalis menjadi 24 besar.

Pada tahap selanjutnya, dilakukan sesi wawancara publik oleh para juri hingga terpilih 12 besar. Para 12 besar ini kemudian dihadapkan dengan sesi tanya jawab terbuka untuk menentukan juara. Para pemenang maupun finalis nantinya akan bertugas untuk melakukan pengembangan literasi di Jawa Barat.

Semoga apa yang sudah dilakukan oleh UNPAD bisa menjadi inspirasi bagi kita semua.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed