by

Math Battle, Influencer Pendidikan Bagikan 4 Tips Agar Anak Suka Matematika

Jerome Polin, influencer pendidikan yang aktif memberikan pendidikan positif guna remaja dan anak-anak di Youtube, sangat menyenangi pelajaran matematika. Tidak hanya sukses menjuarai sekian banyak olimpiade matematika, empunya kanal YouTube Nihongo Mantappu dengan 1,7 juta subscribers ini juga sukses mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Waseda University Jepang dengan peminatan Matematika Terapan.
Jerome menyadari bahwa matematika adalah salah satu mata latihan yang ingin tidak digemari dan bahkan ditakuti oleh banyak pelajar. Dan pria berusia 21 tahun ini juga membagikan sejumlah tips untuk semua orangtua supaya lebih mudah menciptakan anak-anaknya jatuh cinta pada matematika. Ini dia, seperti dirangkum Suara.com dari rilis Zenius Education.

1. Mengenalkan matematika pada anak

“Sering banget aku lihat di banyak kasus, anak nggak suka matematika sebab dari mula pun telah nggak paham matematika. Nah, insan itu ingin nggak suka sama apa yang mereka belum pahami, jadi butuh diperkenalkan dulu apa sih matematika, gimana sih caranya. Baru setelah tersebut anak bakal paham dan ujungnya bakal lebih gampang suka latihan matematika,” kata Jerome.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

2. Menanamkan mindset pada anak bila matematika tersebut menyenangkan

“Dulu pas aku kecil, aku merasa tertantang dengan soal matematika. Kalau dapat jawab soal, rasanya seneng banget sebab seperti dapat menyelesaikan kendala yang semakin lama semakin sulit,” lanjut mahasiswa kelahiran Surabaya tersebut.
“Matematika tersebut kan juga berfungsi untuk pelajaran berpikir. Nah, berhasil menghadapi kendala yang berfungsi itu rasanya menyenangkan, dan orangtua dapat ilustrasikan serunya matematika agar anak-anak penasaran dan tertarik untuk pelajaran matematika.”

3. Memberikan apresiasi guna prestasi anak di latihan matematika

“Ketika aku berprestasi di sebuah bidang, dalam urusan ini matematika, aku bisa pujian dari tidak sedikit orang. Gak bohong kalo aku senang dipuji tidak sedikit orang, dan insan pada dasarnya memang begitu kok. Tanpa disadari, pujian tersebut menyenangkan sehingga bila orangtua tidak jarang kasih pujian ke anaknya sekecil apapun perkembangannya dalam matematika, anak tentu akan semakin motivasi dan rajin guna belajar, lagipula kalau sebelumnya sudah mengejar serunya matematika,” aku Jerome.

4. Mencarikan guru matematika yang berkualitas

Berdasarkan keterangan dari Jerome, guru yang baik ialah pengajar yang sabar, luwes, tidak kaku untuk menyatakan pelajaran matematika dengan sebaik-baiknya. “Matematika tersebut pasti, inginkan dibawa ke negara apapun hasilnya tetap sama. Nah, aku suka matematika tersebut dari jaman sekolah,” ujar Jerome.

Kebetulan, Jerome belajar matematika di Zenius Education sebagai di antara pionir EdTech di Indonesia yang menyerahkan solusi belajar online. Di sini, ia dilatih oleh Sabda PS, CEO dan Co-founder Zenius Education, yang menurutnya punya teknik mengajar yang asyik, membuatnya memahami matematika hingga ke akar-akarnya.

Nah, baru-baru ini, Jerome menyelenggarakan math battle dengan Sabda PS. Math Battle ialah salah satu segmen di kanal YouTube Jerome, Nihongo Mantappu, di mana Jerome bersaing dengan penantangnya guna menjadi yang sangat cepat dalam membalas soal-soal matematika dengan benar.
Jerome sebelumnya telah bertanding Math Battle dengan mahasiswa Nanyang Technological University (NTU) Singapura, mahasiswa Edmonds Community College, Washington, Amerika Serikat, dan rekannya sesama mahasiswa jurusan Matematika Terapan di Waseda University Jepang. Penasaran sama math battle Jerome? Kamu dapat lihat videonya di bawah ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed