Mengunyah Makanan Perlahan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan
- Lifestyle

Mengunyah Makanan Perlahan Bisa Bantu Turunkan Berat Badan

Beberapa orang barangkali memandang mengunyah makanan perlahan tersebut membuang-buang waktu. Padahal, mengunyah makanan perlahan baik guna pencernaan khususnya berat badan.

Dilansir dari Medical Daily, diketahui bahwa santap secara perlahan ternyata dapat membantu anda makan lebih tidak banyak dan terhindar dari kegemukan. Dalam sebuah riset di Iowa Amerika Serikat, sejumlah 45 orang dewasa dengan berat badan normal dan obesitas menjadi objek penelitian.

Awalnya semua peneliti meminta mereka mengunyah pizza saat santap siang dengan tingkatan berbeda-beda dengan jumlah 100 persen, 150 persen, dan 200 persen dari kelaziman mereka.

Partisipan yang mengunyah makanan pada tingkat 150 persen dan 200 persen, jumlah makanan yang dikonsumsi menurun sampai 9,5 dan 14,8 persen.

Sementara itu, suatu studi lain menyaksikan efek mengunyah pada ekuilibrium hormon dan tingkat energi. Menurut benang merah mereka, mengunyah lebih banyak menyebabkan penurunan tingkat energi dan penurunan kadar ghrelin. Sebab dikomparasikan ketika mengunyah 40 kali, tingkat energi dan ghrelin seseorang menurun ketika dia mengunyahnya 15 kali.

Hal tersebut dikarenakan saat kita menelan makanan, hormon ghrelin ditekan sebab benak menerima sinyal perut sarat sehingga meminimalisir nafsu makan. Kesimpulannya, mengunyah makanan dengan lambat memberi benak waktu yang lumayan untuk memproses informasi makanan sudah dikonsumsi.

Sehingga riset ini memperlihatkan bahwa mengunyah makanan secara perlahan dapat mengurangi jumlah makanan yang dikonsumsi dan meredam rasa lapar.

BACA JUGA  Anyam Tas dari Tali Rafia guna Anaknya, Alasan Pria Ini Bikin Haru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *