by

Muhammad Habiburrahman, S.Ked Raih Penghargaan di Forum Internasional

 

Muhammad Habiburrahman, S.Ked ( Mahasiswa FKUI Angkatan 2015) sukses meraih penghargaan dalam Forum Kedokteran Okupasi Internasional.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Habib meraih penghargaan “Best Oral Presentation” lewat presentasi karya ilmiah di ajang “The 2nd International Conference on Mining Occupational Safety and Health – International Commission on Occupational Health (MinOSH-ICOH) and The 13th Indonesian Occupational Medicine Update (IOMU)” di Bali, pada 6-8 Oktober 2019 lalu.

Habib membawakan karya ilmiah berjudul “The Impact of Sleep Deprivation on Work Performance towards Night-Shift Workers: An Evidence-Based Case Report” yang adalah bagian dari tugas Evidence Based Case Report (EBCR) bareng tiga rekannya; Fadhilah Harmen S.Ked, Elvira Lesmana S.Ked, dan Nadya Gratia, S.Ked. “Sejujurnya ini di luar ekspektasi saya sebagai oral presenter.

Saya dari mula tidak menargetkan karya ilmiah itu lolos di kelompok Oral Presentation, mungkin  Poster Presentation,” kisah Habib seperti dikutip dari laman sah UI.

Ia melanjutkan, “Namun berkat usaha, doa, dan sokongan pembimbing, kami dapat lolos di oral presentationdan bahkan mendapat juara sebagai Best Oral Presentation.” “Yang lebih membanggakan lagi saat menyadari bahwa peserta lainnya ialah para dokter sedangkan saya masih di fase co-ass,” ujar Habib bangga.

Karya ilmiah ini menyatakan tentang pengaruh kurang tidur, baik dari sisi kualitas maupun kuantitas, terhadap sekian banyak parameter performa kegiatan orang-orang yang bekerja giliran malam.

Pada permasalahan tersebut, diilustrasikan pasien perawat yang bekerja giliran malam sering mengeluhkan fenomena insomnia, susah berkonsentrasi, dan bahkan sebab terlalu mengantuk sempat tertusuk jarum.

Tentu ini sangat sehubungan dengan kehidupan tenaga medis yang barangkali saja menurun performa kerjanya sebab pengaruh kurang tidur. “Berdasarkan ilustrasi permasalahan tersebut, kami membuat EBCR ini dengan tujuan menginvestigasi hal-hal apa saja yang terpengaruh dan bagaimana mekanisme patofisiologi sistem biologis tubuh saya dan anda bisa menjelaskan fenomena-fenomena tersebut.

Dalam EBCR ini performa kerja yang terpengaruh salah satunya ialah produktivitas dan keselamatan kerja,” cerah Habib. “Jadi kami bertiga didorong oleh pemandu kami untuk mengerjakan publikasi dan kalau dapat diikutkan dalam konferensi.

Di tengah kegiatan co-ass, Alhamdulillah dapat mendaftarkan karya kami yang lama terbengkalai,” ujar Habib yang memperoleh tuntunan dari Dr. dr. Listya Tresnanti Mirtha, SpKO.

Melalui prestasi ini Habib menyatakan bangga atas pencapaian yang ia raih. Habib bercita-cita lebih banyak lagi mahasiswa FKUI energik untuk mengikuti konferensi internasional sejenis

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed