by

Pertama Kali, FMIPA UI Gelar Sidang Promosi Doktor Secara Daring

Sekolahkampus.id, Pertama Kali, FMIPA UI Gelar Sidang Promosi Doktor Secara Daring – Dilansir dari laman UI, kamis (6/8/2020) untuk pertama kalinya FMIPA UI menggelar sidang terbuka promosi program studi doktor secara daring.

Dipromotori oleh Dra. Ariadne L. Juwono, M.Eng., Ph.D. Neng Nenden Mulyaningsih berhasil raih gelar doktor program studi ilmu bahan-bahan FMIPA UI melalui penelitiannya yang dengan judul “Karakterisasi dan Analisis Tulang Panjang Pada Hewan Model Tikus Putih () yang Diovariektomi dan Diberi Perlakukan Diet Nano Kalsium Fosfat”.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Dalam penelitiannya tersebut, Dr. Neng Nenden Mulyaningsih membahas metode-metode pengukuran yang tepat secara fisika biomedis dari tulang tikus putih hewan model yang diovariektomi dan diberi perlakuan diet nano kalsium fosfat.

Tujuan riset ini adalah untuk memperoleh solusi alternatif dalam pengobatan masalah osteoporosis yang kerap terjadi pada wanita lanjut usia (menopause).

Osteoporosis yang terjadi karena keberadaan gangguan pada hormon estrogen bisa diobati dengan terapi penggantian hormon.

Terapi ini ditujukan bagi wanita dalam masa menopause untuk menjaga kepadatan tulang dan mengurangi risiko keretakan selama pengobatan.

Tetapi, saat ini, terapi tersebut hampir tidak lagi dipergunakan karena berisiko memicu timbulnya beberapa penyakit lain seperti kanker payudara, kanker endometrium, dan stroke, supaya untuk mengobati osteoporosis secara efektif dan efisien perlu dicari solusinya.

Secara garis besar ada 3 prosedur kerja yang dilakukan Dr. Nenden dalam penelitiannya. Tahap pertama, pembuatan diet nano kalsium fosfat, Tahap kedua yaitu operasi ovariektomi pada tikus dan dipelihara normal untuk mengkondisikan tikus osteoporosis.

Tahap ketiga yaitu tahap perlakuan pemberian diet nano kalsium fosfat kepada tikus osteoporosis akibat ovariektomi.

Diet yang diberikan divariasikan kadar nano kalsium fosfatnya untuk diketahui kadar yang paling efektif dan efisien. Dipilih kalsium fosfat memiliki ukuran nano karena partikel nano mempunyai permukaan yang lebih luas, supaya akan lebih mudah diserap oleh tubuh.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed