by

Presiden Jokowi bertemu Para Peneliti di Korea Selatan bahas strategi riset Indonesia

Presiden RI Jokowi di Busan, Korea Selatan bertemu sejumlah peneliti dan ilmuwan asal Indonesia yang saat ini berada di Korea Selatan. Par’a peneliti ini memiliki beragam latar belakang pendidikan, dari teknik kimia, arsitektur, sistem informasi, mitigasi bencana, hingga kesehatan.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Gagasan dari para peneliti di Korea Selatan adalah tentang strategi riset dan inovasi yang lebih efektif dan efisien untuk Indonesia, bukan saja untuk lima tahun, tapi untuk jangka panjang. Misalnya, dengan mengusulkan pembentukan Universitas Riset Indonesia, semacam University of Science & Technology (UST) di Korea Selatan. Selain itu juga terdapat usulan seperti perlunya percepatan riset dan inovasi di industri, bukan hanya di lingkungan kampus.

Presiden Jokowi rupanya cukup senang dapat bertemu para peneliti dan ilmuwan Indonesia di negara ini. Apa yang mereka sampaikan adalah masukan-masukan segar yang bisa menginspirasi pemerintah dalam mengembangkan rumah besar riset Indonesia, Badan Riset dan Inovasi Nasional.

Presiden RI berpesan juga agar para peneliti ini mau melihat, mengamati, lalu nantinya kembali ke Tanah Air, membangun negara kita.

Berikut ini detail dari rekomendasi para peneliti di Korea Selatan.

Judul:

Korea Selatan sebagai Inspirasi Percepatan Kemajuan Riset dan Inovasi di Indonesia.
Ini 3 rekomendasi dari para peneliti di Korea Selatan.

1. Universitas dengan sistem in-situ incubation di lembaga – lembaga penelitian.

2. Optimalisasi peran Badan Riset Inovasi Nasional untuk kultur riset dan inovasi di industri.

3. Revolusi konsep Triple Helix untuk kualitas SDM Indonesia yang unggul.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed