by

Sidang Terbuka Penganugerahan Doktor Honoris Causa Ir. M. Hatta Rajasa

 

Institut Teknologi Bandung melangsungkan Sidang Terbuka Penganugerahan Doktor Honoris Causa Ir. M. Hatta Rajasa, Senin, 25/11/2019, di Aula Barat ITB, Jl. Ganesa No 10.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Penganugerahan gelar Doktor Kehormatan, merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan yang diserahkan ITB untuk seorang putera/puteri bangsa yang mempunyai kontribusi yang spektakuler dalam satu dari empat bidang yang menjadi tolak ukur.

Ketua Tim Promotor Dr. HC Ir. M. Hatta Rajasa, Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. , menyatakan empat bidang kontribusi tersebut, yakni

  • kesatu, dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan dan/atau kemasyarakatan.
  • Kedua, kontribusi dalam pengembangan edukasi dan pengajaran dalam satu atau sekelompok bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial, budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan.
  • Ketiga, kontribusi dalam peradaban kemakmuran, dan/atau kesejahteraan bangsa dan negara Indonesia atau umat manusia.
  • Keempat, kontribusi dalam pengembangan hubungan baik antara bangsa dan negara Indonesia dengan bangsa dan negara beda di bidang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, ilmu sosial budaya, kemanusiaan, dan/atau kemasyarakatan.

“Dengan memperhatikan keempat tolok ukur tersebut, dan didasarkan atas evaluasi terhadap rekam jejak dan capaian-capaian dari Ir. M. Hatta Rajasa di bidang kepandaian publik, (maka) kami memandang bahwa Ir. M. Hatta Rajasa pantas untuk menemukan anugerah gelar Doktor Kehormatan dari Institut Teknologi Bandung,” ujar Prof. Kombaitan.

Adapun nama-nama tim promotor Dr. (HC) Ir. M Hatta Rajasa ialah Prof. Dr. B. Kombaitan, M.Sc. (Ketua), Prof. Tommy Firman, M.Sc., Ph.D., Prof. Hermawan Kresno Dipojono, Ph.D., Prof. Freddy Permana Zen, M.Sc, D.Sc., Prof. Ir Doddy Abdassah M.Sc, Ph.D.

Ini adalah Doktor Kehormatan ke-13 yang diserahkan ITB. Dr. HC Ir. M Hatta Rajasa ialah alumni Teknik Perminyakan ITB Angkatan 73, yang berkiprah dalam bidang pemerintahan dan pernah menjabat sebagai Menteri Negara Riset dan Teknologi (2001 – 2004), Menteri Perhubungan (2004 – 2007), Menteri Sekretaris Negara (2007 – 2009), dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian (2009 – 2014).

Disamping putra putri dan keluarga besar, turut muncul dalam sidang tersingkap ini Presiden ke-6 Republik Indonesia, Prof. Dr. Susilo Bambang Yudhoyono bareng para menteri teman Dr. HC. Ir. M. Hatta Rajasa dalam kabinet Gotong Royong, Kabinet Indonesia Bersatu, dan Kabinet Indonesia Bersatu II.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed