by

Unpad Memperkenalkan Rektor Baru Melalui Aklamasi

 

Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) Universitas Padjadjaran ( Unpad) Rudiantara melantik Prof Dr Rina Indiastuti, SE, MSIE sebagai Rektor Unpad periode 2019-2024 di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad, Bandung, Senin (7/10/2019).

Rudiantara mengatakan, pemilihan rektor Unpad telah menggambarkan suasana kebersamaan melalui proses yang transparan, akuntabel, dan adil untuk semua pemangku kepentingan Unpad.

Para calon rektor tersebut adalah putra-putri terbaik Unpad dan mengikuti proses pemilihan dalam persaingan yang positif dan tidak saling menjegal, namun saling melengkapi satu sama lain. Program mereka juga dinilai baik. “Saya menanyakan langsung untuk calon-calon yang lain, apakah programnya yang bagus boleh diadopsi oleh rektor yang nanti dipilih? Semua membalas ‘Ya’.

Apakah bila tidak dipilih inginkan menjadi tim dari rektor yang dipilih? Semua menuliskan ‘Ya’. Inilah karakteristik kita orang Sunda, Pasundan, guyub,” ucap Rudiantara melalui penjelasan tertulis, Senin (7/10/2019).

Semangat kebersamaan

Dia pun menyuruh semangat kebersamaan bahwa Unpad tidak saja untuk intern Unpad, tetapi sebagai bagian dari Jawa Barat dan Indonesia.
Dalam menjalankan program-program rektor ke depan, MWA pun akan turut mengiringi Unpad sampai-sampai menjadi lebih baik di mata dunia.

“Saya yakin Unpad bakal semakin jaya, semakin besar, dan masuk 500 besar dunia,” imbuh Rudiantara. Sebelumnya, MWA memutuskan Prof Dr Rina Indiastuti, MSIE sebagai Rektor terpilih Unpad periode 2019-2024. Penetapan Prof.

Rina sebagai rektor dilaksanakan melalui sidang pleno yang dilangsungkan MWA Unpad di Ruang Serba Guna Unpad, Bandung, Minggu (6/10/2019). Ketua MWA Unpad Rudiantara mengatakan, penetapan Prof Rina sebagai rektor dilaksanakan menurut aklamasi yang dilaksanakan oleh seluruh anggota MWA Unpad.

Proses aklamasi ini menjadi satu keunggulan dalam pemilihan rektor di Unpad menilik tidak digunakannya sistem voting dalam pemilihan tersebut. “Aklamasi 100 persen, bahkan tidak dilaksanakan perhitungan suara,” kata Rudiantara.

Unpad memberikan Mamfaat

Sementara itu, Rektor Unpad periode 2019-2024 Prof Rina Indiastuti menuturkan, urusan yang jangan dilupakan yakni Unpad mesti memberikan manfaat, tidak selalu melesat di pentas dunia.

Manfaat tersebut tidak hanya untuk sivitas akademikan Unpad, namun juga untuk lingkungan di sekitarnya, laksana Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, dan Indonesia. Untuk menjangkau tujuan itu, tidak saja dengan upaya Rektor sendiri, tetapi kebersamaan kesebelasan dan didukung oleh semua keluarga besar Unpad.

Sebab, Unpad mempunyai energi yang besar. Hal tersebut terlihat dari jumlah dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa yang lumayan besar. “Kalau tersebut energinya disatukan, guyub, insya Allah ke depan Unpad bakal maju dan punya kontribusi dan manfaat untuk bangsa, khususnya Jawa Barat,” ucap Prof Rina.

Untuk diketahui, Rektor baru Unpad itu adalahGuru Besar Bidang Ekonomi Industri dan Perbankan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad. Ia bermunculan di Kediri pada 10 Januari 1961. Studi Sarjana Ekonomi di Unpad diselesaikannya pada 1984, Magister Manajemen Industri di ITB pada 1989, dan Doktor Ekonomi Industri di Osaka Prefecture University, Jepang, pada 1999.

Prof Rina pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Unpad 2009-2012, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Sistem Informasi, dan Keuangan pada 2012-2015, serta Sekretaris Ditjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemenristekdikti pada 2017-2019.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed