by

UPI Jalin Kerjasama dengan Musikhochschule Lϋbeck

UPI Jalin Kerjasama dengan Musikhochschule Lϋbeck – UPI menjalin kerjasama dengan Musikhochschule Lϋbeck – Jerman pada hari Jum’at, 21/02/2020, di ruang rapat  Gedung Partere UPI, Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung. Acara ini dipandu oleh Kepala Office of International Education and Relations (OIER) UPI Ahmad Bukhori Muslim, Ph.D.

Dilansir dari laman UPI, musikhochschule Lϋbeck – Jerman  diwakili oleh  Prof. Dieter Mack sebagai President, ia juga sebagai seorang composer juga ethnomusicologist. Ikut hadir dalam acara ini Kepala Humas UPI Prof. Dr. Deni Darmawan, S.Pd., M.Si., Dekan FPSD Dr. Zakaria S. Soeteja, M.Sn., Wakil Dekan Bidang Akademik FPSD Dr. phill. Yudi Sukmayadi, M.Pd., Wakil Dekan Bidang Keuangan dan Sumber Daya FPSD Dr. Trianti Nugraheni, M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan FPSD Dr. Dadang Sulaeman, M.Sn., Para Kepala Departemen dan Kaprodi di lingkungan FPSD, juga KBTU FPSD dll.

Pasang Iklan Gratis Hanya Di Sekolahkampus.id

Rektor UPI juga menyampaikan ucapan terimaksih dan mohon kerjasama ini akan terus berlanjut. Selain itu satu permohonan langsung diberikan terhadap Prof. Dieter Mack untuk bisa melakukan dan membangun kuliah dengan UPI, agar bisa menyerahkan pengalaman bergaul secara internasional dengan durasi kurang lebih 50 menit. Hal ini bisa menyerahkan ketertarikan dan focus dalam mengikuti perkuliahan secara on line dengan luar negeri, dan itulah pengalaman yang sudah terjadi selama ini di UPI.

Dalam kesempatan itu Dieter Mack menyampaikan beberapa hal terkait MOU ini juga menjawab permohonan dari Rektor UPI. Musikhochschule Lϋbeck adalah salah satu perguruan tinggi di Jerman yang khusus dalam bidang Musik. Sampai saat ini sedang melakukan peningkatan dalam bidang lain, salah satunya adalah Pendidikan Anak Usia Dini dan bidang Multimedia yang rencananya akan dibuka pada tahun 2022. Mengenai proses perkuliahan melalui atau media sosial (walaupun terkadang jadi a-sosial) begitu kata humornya, akan tidak mudah untuk bidang musik, karena musik tidak hanya dibicarakan, tetapi lebih terhadap diseminasi dan kemanusiaan, perlu keberadaan interaksi langsung bahkan ada kontak fisik, salah satu sampel dalam mengajarkan teknik permainan suatu alat musik.

Di Jerman sendiri bentuk perkuliahan on line ini masih dalam perdebatan yang panjang dan masih diragukan, mungkin dalam perkuliahan yang berbentuk teori masih memungkinkan. Salah satu yang paling baik adalah dengan pertukaran dosen atau mahasiswa meskipun harus di asari juga oleh kemampuan dan penguasaan bahasa Jerman yang baik. Sarannya coba menjalin kerjasama dengan Goethe, karena lembaga inilah yang paling baik untuk bisa kerjasama denga lembaga pendidikan di Jerman. Ia juga mencontohkan pengalaman beberapa dosen dan mahasiswa yang dikirim ke Jerman, secara kemampuan teknis bidang studi cukup bagus tetapi terkendala oleh bahasa, karena di dalam perkuliahan, bahasa Jerman itu agak tidak mudah untuk dipahami.

Sebelum menutup sambutannya Mack menyampaikan bahwa MOU ini adalah perpanjangan dari sebelumnya, dan ternyata kerjasama ini sudah terlaksana sejak tahun 1991. Ia sendiri sudah hadir di UPI sejak tahun itu, dan tidak hanya mengajar di Jurusan Pendidikan Musik tetapi juga terlibat dalam beberapa riset seni budaya yang dilakukan oleh beberapa dosen dalam kelompok P4ST. Dia sempat datang dan pulang dalam kurun waktu yang terus menerus bahkan sampai beberapa tahun, dia juga sempat mengkritisi kurikulum pendidikan musik bahkan sempat merubah sebuah paradigma bagaimana sebenarnya pendidikan musik harus dilakukan di kelas. Hal itu cukup baik dan adalah hal yang baru dan semuanya menjadi berubah dan berhasil.

Kehadiran Prof. Dieter Mack ke UPI ini ternyata tidak hanya melakukan penandatangan MOU tetapi sambil melakukan aktivitas latihan musik. Beberapa karya dia akan dimainkan nanti pada bulan Oktober di Jerman. Musik kontemporer adalah jenisnya dan salah satu grup yang selalu direkomendasikan untuk bisa memainkan karyanya adalah Group Kyai Fatahillah dari Departemen Pendidikan Musik FPSD dibawah bimbingan Dosen Iwan Gunawan, S.Pd., M.Sn. Kelak sebanyak 14 mahasiwa terlibat dalam aktivitas ini akan berangkat ke Jerman, semoga Rektor UPI bisa mengijinkan untuk aktivitas ini begitu harapan dia.

Diakhir acara, dilakukan sebuah penandatangan secara bersama antara kedua belah pihak. Semoga kerjasama ini terus terlaksana dan lebih baik lagi, juga dapat melakukan pengembangan dalam bidang yang lainnya begitu harapan kedua belah pihak, semoga!!!

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed