by

YCAB Mengenalkan Program “Digital Future Ready Training Programme

Garena Free Fire dan YCAB, Tumbuhkan Kepedulian Anak Muda lewat Gim Daring

Garena Free Fire, gim berbasis daring yang bekerjasama dengan DJ Alok, DJ asal Brazil, melakukan kemitraan dengan Yayasan Cinta Anak Bangsa (YCAB) untuk mengenalkan program “Digital Future Ready Training Programme“.

Dalam kemitraan ini, Garena dan Alok akan memakai sebagian dari hasil penjualan konten Alok untuk membuat peluang pendidikan untuk anak muda dari kalangan prasejahtera di Indonesia dan semua dunia.

Program pelatihan ini bertujuan mempersiapkan anak muda dari kalangan prasejahtera di Indonesia dengan kemampuan dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk mengambil peluang dalam ekonomi digital yang berkembang pesat.

“Misi kami yang sangat utama ialah untuk menambah kesejahteraan di Indonesia melalui pendidikan dan pembiayaan yang inovatif,” ungkap Susi Hermijanto, Chief Operating Officer YCAB melewati rilis sah (5/11/2019).

Susi menambahkan, “Kami paling menyambut baik kolaborasi dengan Garena guna memberdayakan lebih banyak anak muda dari kalangan prasejahtera di Indonesia. Kami percaya membekali mereka dengan kemampuan yang diperlukan dalam dunia digital yang berkembang cepat bakal memperluas peluang karir di masa depan.”

Kepedulian lewat game

YCAB ialah mitra amal global percontohan di Asia Tenggara, terutama Indonesia. Sementara itu di Brasil, profit pun akan dipakai untuk insiatif yang mendukung anak muda setempat memperoleh peluang pendidikan.

“Seiring dengan usaha guna terus membina komunitas game, kami pun berupaya memberikan akibat sosial dengan destinasi meyakinkan generasi pemain kami berikutnya menerima kesempatan pendidikan yang tepat,” ujar Harold Teo, produser Free Fire Garena.

Kepada Kompas (11/11/2019) Ketua YCAB Veronica Colondam mengucapkan dengan menggandeng kerja sama dengan Garena, YCAB bercita-cita dapat memperluas cakupan terhadap anak muda yang menjadi fanbase game Free Fire guna lebih peduli terhadap isu sosial. “Dalam era dunia digital berkembang pesat, mobile game tidak dapat hanya dilihat dalam konteks sahabat atau lawan untuk anak muda.

YCAB sebagai organisasi yang konsentrasi pada pengembangan anak muda menyokong perkembangan ini sebab game adalah bagian dari kehidupan mereka yang tidak dapat dipisahkan begitu saja,” ujar Vero. Vero menambahkan,

“Sekarang telah zaman Esport, yang tergolong dalam olahraga mental, seperti catur atau bridge, yang memerlukan strategi dari pemainnya. Esport bakal memiliki akibat yang positif bila dikelola secara profesional.

Ini terbukti dari dukungan negara anda yang memasukkan esport dalam Asian Games 2018 dan menyelenggarakan Piala Presiden esport tahun ini.”

2 inisiatif program

Veronica mengucapkan sejak mula berkembang YCAB menyadari sangat penting membekali anak muda dengan keterampilan teknologi. “Oleh karena tersebut ketika Rumah Belajar YCAB didirikan pertama tahun 2003, kami telah mempunyai program pelatihan komputer untuk para siswa yang berasal dari keluarga prasejahtera,” jelasnya.

Ia mengucapkan kerja sama ini menjadi tahapan penting dalam mendorong anak muda dari kalangan prasejahtera guna tidak selalu menjadi penikmat game, tapi pun memiliki keterampilan teknologi yang diperlukan dalam membuat game.

Program ini bakal terdiri dari dua inisiatif, yaitu:

1. Train the Trainers: Melibatkan guru dengan pengetahuan dan kemampuan digital yang relevan seperti coding dan programming untuk  mentransfer kemahiran baru guru ini secara efektif untuk ribuan pelajar di Indonesia.

Program ini akan mengambil pendekatan holistik melengkapi pengajar dengan kemampuan teknis (termasuk coding dan basic programing) dan soft skill (termasuk kreativitas, pemikiran kritis, dan solusi masalah).

2. Create the Future: Memberikan beasiswa untuk pelajar yang mempunyai potensi dan minat tinggi guna meningkatkan kemampuan digital dan keterampilan kerja.

Program akan dilakukan melalui bootcamp coding dijalankan HACTIV8, di antara lembaga persiapan tenaga kerja terkemuka di Indonesia dalam urusan pengembangan web

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed